Fifa Bentuk Tim Task Force Transformasi Khusus Bersama PSSI Imbas Tragedi Kanjuruhan

FIFA dan juga PSSI baru saja membentuk tim Task Force Transformasi akibat dari tragedi kanjuruhan. Tim khusus tersebut juga akan membahas bagaimana kabar kelanjutan dari Liga 1. Kapan dan Bagaimana?

Fifa dan PSSI Bentuk Tim Task Force Transformasi Khusus

Tim Task Force tersebut bahkan telah melakukan rapat bersama di Jakarta pada hari Kamis 13 Oktober 2022. Hasil rapat yang mereka dapatkan salah satunya adalah membahas mengenai kelanjutan Loga 1 2022 yang berencana akan di adakan pada akhir November 2022.

Tim bahkan telah menyusun timeline mengenai sepakbola Indonesia. Pertama yaitu di tanggal 17 Oktober akan di lakukan pengumuman Tim Task Force yang menyertakan Interpol sampai dengan United Nation atau PBB.

Selanjutnya di tanggal 21 Oktober juga akan di lakukan pertemuan pertama untuk Tim Task Force membahas SOP atau Standard Operating Procedure penyelenggaraan sepakbola di Indonesia.

Di tanggal 27 Oktober juga di buat draft SOP atau Standard Operating Procedure baru sebelum launching Football for Schools (program edukasi sepakbola FIFA buat anak-anak). Di lanjutkan dengan pada awal pekan Bulan November akan kembali di matangkan action plan serta penyusunan road map.

Setelahnya, di pekan kedua November akan di adakan tahap finalisasi action plan serta roadmap. Selanjutnya akan ada penyampaian ke publik serta stakeholder sepakbola di tanggal 14 November. Hal ini juga nantinya akan di komunikasikan di forum G20 15 November mendatang.

Secara bersamaan juga akan di gelar pelatihan serta edukasi tahap 1 bagi para stakeholder dalam menerapkan sistem baru Liga 1 di laga serta venue yang terpilih. Lalu terakhir, Liga 1 juga rencananya akan di gelar secara normal di tanggal 25 sampai dengan 26 November.

Untuk laga Liga 1 ini sifatnya masih tentatif atau masih bisa berubah jadwal. Bergantung pada dinamika yang ke depannya akan terjadi.

“Kami bersama pemerintah, FIFA, hingga AFC, akan membahas timeline tugas (Tim Task Force). Sudah disampaikan tadi, tanggal 17 (Oktober) akan digelar pertemuan antara FIFA, PSSI, dan AFC,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Insyaallah akan berangkat tanggal 17 (ke Kuala Lumpur), tanggal 18 Presiden FIFA akan bertemu presiden Jokowi dan PSSI. Presiden FIFA (Gianni Infantino) akan terbang ke Jakarta setelah kegiatan di Kuala Lumpur. Pembahasannya nanti adalah komitmen FIFA dan pemerintah,” ujarnya menambahkan.