Inilah Deretan Prestasi Sosok Syabda Perkasa Belawa Sebelum Meninggal Dunia

Dunia olahraga tanah air kembali berduka, di mana pada Senin (20/2/2023) kemarin terjadi kecelakaan yang menyebabkan salah satu atlet kebanggaan Indonesia meninggal dunia.

Ia adalah Syabda Perkasa Belawa yang merupakan atlet bulu tangkis tunggal putra PBSI asal Jakarta yang meninggal dunia karena kecelakaan yang terjadi di tol Pemalang, Senin (23/3/2023) dini hari. Keluarga Sabda berencana menuju ke Sragen untuk menghadiri pemakaman sang nenek.

Namun sayangnya, sebelum tiba ke tujuan, mobil yang ditumpangi Syabda dan keluarga menabrak truk dari belakang. Polisi menduga hal ini terjadi karena pengendara mobil mengantuk. Di dalam kecelakaan tersebut, terdapat lima orang yang ada di dalam mobil Camry tersebut.

Dalam kejadiaan naas tersebut ada dua orang meninggal dunia, yakni Syabda dan ibunya, Anik. Lalu ayah dan dua saudaranya mengalami luka-luka.

Syabda Perkasa Belawa sendiri merupakan pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang lahir di Jakarta pada tanggal 25 Agustus 2001. Pada awal kariernya, ia memulai di tahun 2013 sebagai pebulu tangkis yang bergabung ke klub bulu tangkis PB Djarum Kudus.

Ia pun mulai mendapatkan panggilan untuk melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) di tahun 2018 sampai saat ini.

Selama karirnya di dunia bulu tangkis, Syabda mendapatkan banyak prestasi membanggakan yang mengharumkan nama tanah air. Berikut ini kami akan menyebutkan beberapa prestasi yang dimiliki oleh Syabda sebelum ia meninggal dunia:

1. Medali silver Asian Junior Championships 2019

2. Medali emas World Junior Championships 2019

3. Medali emas BWF Junior International 2019

4. Medali emas PON Papua 2021

5. Medali silver Thomas Cup 2022

6. Medali emas Lithuanian International 2022

7. Medali emas Malaysia International 2022

8. Medali emas Iran Fajr International 2022

Nah, itulah beberapa prestasi yang tercatat dimenangkan oleh Syabda Perkasa Belawa sebelum ia meninggal dunia di usia 21 tahun. Semoga amal ibadahnya di terima oleh Tuhan yang Maha Esa.